Atasi Stres Dengan Baik


Setiap kita pasti menghadapi kerasnya kehidupan ini, karena hidup ini semakin hari semakin sulit. Beban ekonomi yang kian hari semakin bertambah, belum lagi persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat, sehingga muncul persaingan yang tidak sehat, sampai akhirnya teman makan teman, saudara makan saudara, sehingga siapa yang tidak kuat bertahan akan tersisih dalam kerasnya kehidupan ini dan mengalami apa yang dinamakan stres.

Atasi  Stres  Dengan  Baik
Sebetulnya kita perlu sedikit tekanan serta tantangan untuk mempertahankan kewaspadaan serta meningkatkan motivasi kita. Tetapi bila tekanan yang menimbulkan stres itu terlalu besar bukannya semangat/motivasi kita yang kian bertambah tetapi malah mendatangkan penyakit seperti sakit kepala, sulit tidur, tukak lambung, tekanan darah tinggi, penyakit jantung serta stroke.

Terkadang beberapa diantara kita mungkin berusaha melarikan diri dari masalah atau berusaha menyelesaikan dengan menggunakan obat-obat terlarang, alkohol atau rokok. Padahal tindakan tersebut tidak menyelesaikan masalah bahkan dapat menimbulkan masalah tambahan yang lebih berat. Jadi pahamilah bagaimana tanda-tanda stres itu dan bila menghadapinya bagaimana mengatasinya dengan baik.

Tanda-Tanda Stres :
* Peningkatan Denyut Jantung.
* Kekakuan Otot, terutama sekitar bahu dan leher.
* Sulit Tidur.
* Menurunnya konsentrasi.
* Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
* Merokok atau Minum Alkohol berlebihan.

Tips Mengatasi Stres :

1. Hubungi Keluarga serta Teman.
Bicarakanlah bagaimana perasaan anda, walaupun anda sedang merasa tertekan
sedikit. Carilah dukungan serta sumbangan pemikiran untuk penyelesaian masalah
anda dari orang-orang yang anda percaya. Bersiaplah juga menjadi pendengar bila
mereka memerlukan teman.

2. Pertahankan Pola Kehidupan Anda.
Usahakan untuk tidak melakukan perubahan besar dalam kehidupan anda setiap waktu.
Persiapkan mental untuk menghadapi kejadian-kejadian yang tidak dapat anda kontrol.

3. Dukungan Profesional.
Bila anda merasa memerlukan, carilah bantuan dari ahli psikiatri, psikologi, konselor keluarga atau pekerja sosial yang dapat diajak kerja sama serta dapat anda percaya.

4. Pertahankan Gaya Hidup Sehat.
Berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang tiga kali sehari, hindari alkohol dan rokok.

5. Belajar Tehnik Relaksasi.
a. Bernafas Dalam.
untuk menenangkan reaksi alami tubuh terhadap stres, ambillah nafas yang dalam melalui hidung, rasakanlah perut anda mengembang dan keluarkanlah nafas perlahan-lahan melalui mulut. Lakukanlah sebanyak 3-4 kali.
b. Meditasi.
untuk menenangkan diri, pejamkanlah mata anda dan pikirkan tentang kata atau kalimat yang menimbulkan rasa aman. Pilihlah hal yang membuat anda nyaman dan sebutkanlah berulang-ulang pada diri anda sendiri. Cobalah cara ini selama 5-15 menit.
c. Visualisasi.
Untuk menghilangkan gangguan2 mental ketika stres semakin memuncak, " melamunlah " sejenak, Bayangkanlah suatu suasana aman dan nyaman yang anda inginkan dan " pergilah " kesana. Cobalah cara ini selama 5-15 menit.
Atasi Stres Dengan Baik | admin | 5

0 comments:

Post a Comment