Nyeri Perut Sebelah Kanan

Perut kita adalah organ yang berongga, jadi didalamnya terdapat bermacam-macam organ yang terletak pada posisinya masing-masing, pada perut sebelah kanan dibagian atas terdapat organ Hati, Kandung Empedu, Ginjal, Usus kecil dan Usus Besar, sedangkan pada sbelah kanan di bagian bawah terdapat Usus Besar, Usus Buntu / Appendix, Saluran kencing, dan khusus pada wanita terdapat Saluran Indung Telur.

Jadi kalau kita mengalami nyeri perut di sebelah kanan, tinggal melihat bagian atas atau bawah, bila yang nyeri bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ yang terletak pada bagian kanan atas tadi, diantara berbagai organ tadi, yang paling sering terjadi gangguan pada sebelah kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil. Tetapi kalau tempat nyeri berada agak ditengah dan rasa nyerinya sampai menembus kebelakang, bisa-bisa organ Ginjal yang lagi mengalami masalah.

Nyeri Perut Sebelah Kanan
Sedangkan bila nyeri timbul di sebelah kanan bawah, penyebab yang paling sering adalah radang dari usus buntu / Appendicitis, kemudian penyebab lain yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur.

Untuk membedakan antara usus buntu dengan infeksi saluran kencing yaitu :
Pada usus buntu gejala yang menyertai adalah demam, bisa juga disertai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disertai diare, biasanya nyeri yang timbul kuat sekali sampai si penderita selalu membungkukkan badannya karena menahan nyeri di bagian perut kanan bawah.
Sedangkan pada infeksi saluran kencing biasanya adalah sering kencing, rasa nyeri bila kencing, juga rasa perih pada waktu kencing, juga bisa disertai demam tinggi dan rasa mual muntah juga. Gambaran diatas untuk membantu mengenali apabila ada gangguan disekitar daerah tersebut, untuk memastikannya masih memerlukan pemeriksaan lain yang lebih teliti dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda.
Nyeri Perut Sebelah Kanan | admin | 5

9 comments:

  1. artikel yang sangat menarik. semoga blog ini tetap exist gan, memberikan yang terbaik untuk pengunjung. ditunggu kunjung baliknya. salam kenal
    http://cara-cara-terbaru.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Saya juga sering sakit perut nih, tapi biasanya saya ngobatinnya pake yang alami-alami.

    visit jakarta restaurants:
    http://www.qraved.com

    ReplyDelete
  3. mau tanya...bbrppa hari ini,saya sering sakit nyeri di bagian dkat2 tulang pinggul gitu,tapi nyerinya baru ada klu aku mulai jalan,kalu lgi duduk atau baring ngga apa2,klu baring biasa sekali dua kali rasain nyeri yg sama tapi cuma sesaat,klu jalan stiap kaki kanan yg keangkat pasti nyeri :( itu knapa yah? mohon dijawab

    ReplyDelete
  4. makasih mas admin allhamdulillah
    sangat bermanfaat sekali
    http://akangware.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. terima kasih untuk infonya,tapi adakah obat untuk mengatasi gejala awal tersebut

    ReplyDelete
  6. saya dulu ketika kecil suka sakit tapi sekarang tidak
    . . . . . . . . . . . .

    ReplyDelete
  7. wah informasi yang sangat menarik dari yang di baca informasi unik diatas menjadikan arikel yang paling aneh, bagus dan bermanfaat. pantas saja situs ini yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet, berita unik banyak yang di buat disitus ini apalagi berita aneh sering dibuat.. semoga situs ini selalu membuat informasi menarik juga berita paling aneh didunia, jangan lupa yah beserta bukti foto anehnya ya (y)

    ReplyDelete