Ciri-Ciri Diabetes

Bila berbicara tentang ciri-ciri diabetes hal ini berarti sama dengan membahas tentang gejala diabetes.

Diabetes atau sering disebut kencing manis adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah tinggi atau melebihi nilai normal. Dalam topik kali ini blog kolom kesehatan akan membahas secara lengkap gejala-gejala kencing yang sering timbul sehingga bagi yang merasa atau mendapati siapa saja yang dicurigai kencing manis dapat menyarankan untuk mengecekkan kadar gula darahnya.

Ciri-Ciri Diabetes
Berikut ini gejala-gejala yang timbul akibat diabetes:

Sering kencing (poliuria).

Terjadi peningkatan frekuensi kencing dari biasanya, selain itu jumlah urine (air kencing) yang dikeluarkan juga lebih banyak. Ini akibat kelebihan jumlah gula di dalam darah dan dikeluarkan oleh ginjal.

Haus dan banyak minum (polidipsia).

Pasti merasa haus bila banyak cairan yang dikeluarkan lewat kencing, sehingga akan membuat sering minum.

Banyak makan (polifagia).

Ini disebabkan karena tubuh merasa lemas serta lelah akibat kebutuhan gula yang tidak tercukupi dan akhirnya penderita akan sering makan karena terasa lapar yang terus menerus.

Mudah Lelah dan berat badan turun banyak.

Mudah lelah disebabkan karena kebutuhan gula untuk tubuh yang normal tidak dapat dipenuhi, karena gula yang dipergunakan sebagai sumber energi tidak sampai ke sel-sel tubuh. Akhirnya akan diikuti dengan penurunan berat badan, gejala ini disebabkan karena gula yang diperlukan untuk sumber energi bagi sel-sel tubuh menumpuk di dalam darah, akhirnya tubuh terpaksa menggunakan cadangan lemak yang berada dibawah kulit, sehingga lama kelamaan lemak dibawah kulit akan susut dan kelihatan kurus sekali serta berat badan akan menurun.

Kesemutan.

Gejala ini disebabkan karena kadar gula yang tinggi akan merusakkan atau mengganggu pembuluh darah yang kecil dan terletak pada ujung tubuh (perifer). Selain itu yang diganggu juga saraf saraf perifer. Sehingga timbul rasa kesemutan.

Luka tidak sembuh-sembuh.

Ini juga disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Jadi bila timbul luka yang seharusnya cepat sembuh karena aliran darah yang bagus, disini jadi lambat sembuhnya karena aliran darah yang tidak lancar ditambah dengan gangguan juga pada saraf sehingga luka tadi tidak begitu terasa.

Penglihatan kabur.

Pada penderita diabetes penglihatan akan terganggu dan sering berubah-ubah, kadang jelas kadang tidak jelas/kabur, ini akibat dari sakit diabetesnya. Jadi apabila penderita diabetes merasa kabur penglihatannya, jangan dibawa ke optik karena akan disuruh ganti kaca mata terus karena penglihatannya akan berubah-ubah.

Mudahnya terkena infeksi terutama pada wanita.

Pada penderita wanita sering kali terkena infeksi pada "miss v" nya dan menimbulkan gejala keputihan. Selain itu juga mudah sekali terkena infeksi jamur baik di organ intim maupun ditempat lipatan-lipatan tubuh yang mempunyai kelembaban tinggi. Infeksi jamur ini akan menyebabkan rasa gatal sehingga penderita diabetes cenderung merasa gatal terus.

Pada pria sering timbul disfungsi er3ks1.

Ini juga keluhan yang sering timbul pada pria terutama bila sudah lama menderita penyakit diabetes melitus.

Demikianlah ciri-ciri diabetes atau gejala diabetes dan jangan lewatkan artikel yang lain tentang komplikasi diabetes.
Ciri-Ciri Diabetes | admin | 5

1 comments:

  1. Thx gan Artikel nya...
    sangat membantu dan menarik...
    info nya juga sangat Jelas...

    Kunjungi juga situs kami http://berita-prediksibola.com/

    ReplyDelete