Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi. Besi atau zat besi yang dalam bahasa latinnya disebut Ferrum adalah salah satu unsur penting yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Besi ini bersama dengan protein akan membentuk hemoglobin. Dan Hemoglobin inilah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang berasal dari paru-paru ke seluruh jaringan.

Sebetulnya didalam tubuh kita terdapat cadangan zat besi yang terdapat didalam limpa serta sumsum tulang dan kadarnya berbeda-beda antara laki-laki dan perempuan dimana laki-laki mempunyai jumlah cadangan yang lebih banyak dibanding perempuan karena itu sangat jarang laki-laki kekurangan darah. Wanita dewasa sering sekali menderita anemia (kekurangan darah) karena cadangan zat besinya sedikit. Hal ini disebabkan karena  pada wanita dewasa akan mengalami haid atau menstruasi dan akan menyebabkan keluarnya banyak darah.

Seperti disebutkan diatas bahwa besi bersama dengan protein akan membentuk hemoglobin ( zat merah darah) dimana hemoglobin ini adalah komponen penting dari sel darah merah (eritrosit), sehingga bila sampai terjadi kekurangan zat besi ini maka komponen penting pembentuk eritrosit akan berkurang dan berimbas ke jumlah darah yang juga berkurang. Kekurangan darah yang diakibatkan karena kekurangan zat besi ini disebut sebagai anemia defisiensi besi (anemia karena kekurangan zat besi). Karena itu kita wajib mengetahui dari makanan apa saja zat besi ini bisa diperoleh.

Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Kangkung

Kangkung mengandung zat besi sangat tinggi, juga kalsium, dan kalium. Selain itu kangkung juga merupakan  sumber yang sangat baik untuk vitamin A dan vitamin B serta C.

 Daun Bayam

Bayam adalah sayuran yang berfungsi untuk mengikat zat besi. Dengan bayam kita dapat mengikat banyak sekali zat besi, jadi bagi Anda yang mempunyai anemia jangan ragu untuk menyantap bayam setiap minggunya. Selain itu bayam juga mengandung vitamin A.

Kulit kentang

Memang sering kali kita tidak memakan kulit dari kentang dan mengupasnya untuk dibuang. Padahal  studi menemukan bahwa kulit kentang memiliki zat besi lima kali lebih besar dibanding daging kentangnya sendiri. Jadi sekarang coba yah makan kentang dengan kulitnya dan ternyata rasanya enak juga lho.

Kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai

Kacang-kacangan diatas merupakan jenis kacang yang mudah diolah. 100 gram kacang kedelai mengandung 381 kkal energi, dan 10 mg zat besi. Sedangkan kacang hijau mengandung 323 kkal energi dan 7,5 zat besi per 100 gram.

Ikan Laut

Beberapa ikan laut dipercaya kaya akan omega-3 dan 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg per 100 gram. Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Dan jangan lupa satu lagi yaitu ikan tuna yang mengandung zat besi cukup banyak juga.

Telur

Ternyata selain kaya akan mineral telur juga banyak mengandung zat besi, selain itu telur juga mengandung vitamin B.

Daging sapi

Daging sapi yang mudah diolah dan sering sekali menjadi lauk dalam makanan sehari-hari ini ternyata mengandung zat besi yang cukup banyak. Dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 mg zat besi.

Jagung

Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.

Buah Aprikot

Buah ini mengandung zat besi yang sempurna untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan zat besi.

Jeruk

Jeruk juga memiliki kandungan zat besi selain membantu menyembuhkan penyakit akibat kekurangan vitamin C, karena buah jeruk mengandung asam folat.

Buah prune

Buah Prune adalah buah yang mengandung zat besi lebih banyak dibanding buah apel dan pepaya. Dalam jus prune terdapat 3mg zat besi. Jadi coba buah ini untuk memperlancar sirkulasi darah kita ke seluruh tubuh.

Beras merah

Selain bagus untuk diet karena mengandung banyak serat ternyata beras merah ini juga merupakan sumber vitamin E, asam folat, dan zat besi.

Roti Gandum

Roti Gandum adalah pilihan yang bagus juga untuk yang ingin ber diet, selain itu ternyata gandum juga mengandung zat besi yang tinggi, selain itu roti gandum ini juga memiliki fungsi mencegah penyakit jantung dan kanker. Jadi biarpun tidak melakukan diet, roti gandum bisa menjadi pilihan buat pengikat zat besi kita.

Kismis

Kismis mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh.

Sereal

Makanan yang sering disajikan untuk menu sarapan ini sangat baik untuk kesehatan. ¾ cangkir sereal mengandung 18 mg zat besi. Sedangkan 100 gram oatmeal instan mengandung 11 mg zat besi.

Buah kering

Buah kismis, pig, apel, pir, aprikot dan peach adalah buah yang paling sering dikeringkan. Namun buah kering yang banyak mengandung zat besi adalah kismis dan plum. Dalam ½ cangkir kismis terdapat 1,9 mg zat besi dan dalam 1 cangkir plum terdapat 1 mg zat besi.

Jadi bagi para wanita dewasa yang sudah mengalami haid sebaiknya banyak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti diatas agar dapat terhindar dari kekurangan zat besi yang berimbas kepada kekurangan darah (anemia). Semoga bermanfaat.
Makanan Yang Mengandung Zat Besi | admin | 5

4 comments: