Makanan Pembakar Lemak

Makanan pembakar lemak. Lemak memang diperlukan oleh tubuh yaitu sebagai salah satu sumber energi, tetapi apabila berlebihan maka lemak ini akan disimpan dibawah kulit oleh tubuh dan jaringan lemak ditubuh berpusat pada perut. Karena itu bila lapisan lemak dibawah kulit ini tebal maka dapat membuat tubuh merasa hangat, hal ini tidak berlaku pada orang yang kurus dimana lemak dibawah kulitnya sedikit atau bahkan tidak ada.

Lemak berlebihan ini tidak ada untungnya bagi tubuh, karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, dll. Karena itu banyak orang yang ingin membuang kelebihan lemak ini dengan cara diet yaitu dengan memperbanyak makan jenis buah-buahan dan sayuran dan juga dengan melakukan fitnes/olah raga secara rutin dan teratur. 

Sebetulnya ada makanan yang bisa membakar lemak, makanan ini tidak akan meningkatkan berat badan Anda tetapi malah membakar lemak dalam tubuh Anda. Jadi bila dilakukan bersama-sama baik diet maupun fitness dan makan makanan pembakar lemak, maka kelebihan lemak didalam tubuh akan cepat berkurang. Apa saja makanan atau jenis makanan apa yang dapat membakar lemak itu?

Makanan pembakar lemak


1. buah-buahan

 Alpukat

Alpukat yang sarat dengan omega 9 dan asam lemak sehat/lemak tidak jenuh akan mempercepat konversi lemak menjadi energi dan meningkatkan sistem kerja metabolisme dalam tubuh. Buah yang "berdaging" hijau ini dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal, yang akan menurunkan kolesterol LDL Anda. Tubuh Anda akan membakar alpukat dengan cepat, sehingga lemak di pinggang Anda mudah luruh.

Lemon

Air putih yang dicampur dengan lemon dapat menjadi cairan detoks untuk tubuh. Lemon juga dapat menjaga kesehatan hati yang penting untuk mencerna dan membakar lemak dalam tubuh.

Tomat

Tomat yang dilengkapi dengan vitamin C dan lycopene fitokimia merangsang produksi asam amino menjadi karnitin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karnitin dapat membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

Jeruk

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di John Hopkins University diungkapkan bahwa perempuan yang rajin mengonsumsi jeruk setiap hari akan kehilangan 9 kilogram berat badannya selama 13 minggu tanpa mengubah apapun dalam pola diet mereka.

2. Makanan yang tinggi protein tetapi rendah lemak

Makin banyak protein yang Anda makan, makin banyak kalori yang terbakar. Protein secara signifikan meningkatkan laju metabolik (kecepatan penggunaan bahan bakar makanan), menciptakan panas, serta membakar lebih banyak kalori dibanding karbohidrat dan lemak.

Diet tinggi protein terbukti meningkatkan efek thermogenesis serta rasa kenyang dibanding diet dengan kandungan protein yang lebih rendah. Makanan berprotein tinggi juga menyebabkan penurunan asupan energi di waktu makan berikutnya. Dalam berdiet, akan lebih bermanfaat untuk menggantikan sebagian karbohidrat simple dengan sumber protein yang rendah lemak jenuh.

Jenis makanan tinggi protein yang dimaksud antara lain: daging ayam tanpa kulit, putih telur, atau daging merah tanpa lemak.

3. Makanan pedas

Tak sulit mencari hidangan pedas dalam kuliner Indonesia. Kandungan capcaisin dalam cabai dan lada diketahui akan meningkatkan metabolisme serta membakar lebih banyak kalori. Makanan pedas juga meningkatkan jumlah rata-rata lemak teroksidasi sehingga tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

4. Kacang/ kacang almond

Kacang dipenuhi protein dan serat yang membantu menurunkan berat badan tanpa membuat Anda merasa lapar. Serat juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga tubuh Anda akan sibuk membakar asupan itu sementara waktu. Kacang almond juga adalah makanan sempurna pembakar lemak. Jenis kacang ini mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung. Pada beberapa penelitian diketahui orang yang memilih almond sebagai camilan makan lebih sedikit kalori dibanding dengan yang orang yang camilannya tinggi gula.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah pengurang lemak perut yang terbaik. Kebanyakan sayuran hijau rendah kalori dan tinggi serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Mulailah memilih sayuran hijau ketimbang junk food saat perut mendadak lapar.

6. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon atau makarel kaya akan lemak omega-3. Asam lemak tersebut bukan hanya baik untuk kesehatan otak tapi juga penting untuk membakar lemak. Mereka akan menghidupkan gen pembakar lemak dan mematikan gen penyimpan lemak. Selain itu salmon mengandung hormon leptin, yang secara langsung memengaruhi metabolisme.

7. Teh hijau

Tambahkan teh hijau ke dalam daftar belanjaan Anda. Studi menunjukkan zat yang ditemukan dalam minuman ini memudahkan tubuh membakar kalori dan lemak.

8. Vitamin C

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, jambu biji, dan anggur mengurangi efektifitas lemak dan bertindak sebagai kofaktor dari produksi carnitine dalam tubuh. Carnitine dibutuhkan untuk membakar asam lemak tubuh.

9. Kolin

Salah satu makanan yang kaya kolin adalah kedelai. Kolin membantu menghambat penyerapan lemak dan memecah cadangan lemak.

10. Makanan tinggi Serat.

Makanan tinggi serat yang memiliki Indeks Glikemik rendah, membantu level insulin dan gula darah lebih stabil. Fungsi insulin sendiri adalah untuk menyimpan lemak.

11. Kalsium.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa kalsium dalam produk susu dan olahannya, seperti keju, dan yogurt bertindak sebagai pembakar lemak yang dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan pemecahan lemak dalam sel-sel lemak. Tapi pilihlah produk susu yang rendah lemak dan rendah gula, salah satunya whey protein.

Itulah beberapa contoh dari makanan pembakar lemak. Bagi Anda yang ingin membakar lemak Anda tidak ada salahnya untuk mencoba makanan tersebut, tentunya dengan disertai olah raga yang rutin dan teratur. Jangan lewatkan artikel lain tentang manfaat vitamin C.
Makanan Pembakar Lemak | admin | 5

0 comments:

Post a Comment