Tanaman Obat Keluarga

Dijaman yang serba mahal ini sudah seharusnya kita semua mengenal tanaman obat keluarga atau disingkat sebagai TOGA. Mengapa? karena disamping fungsinya yang dapat menggantikan obat, sehingga apabila sakit tidak harus membeli obat yang berharga mahal, toga ini juga bisa dibudidayakan untuk kemudian dijual sebagai alternatif penghasilan.

Apa yang dimaksud tanaman obat keluarga? tanaman obat keluarga adalah tanaman yang ditanam atau dibudidayakan dirumah sendiri dan mempunyai khasiat menyerupai obat. Seperti sudah dibahas diatas toga ini bisa berfungsi ganda yaitu yang pertama dapat digunakan oleh keluarga sebagai obat-obatan dan yang kedua dapat dijadikan sebagai alternatif usaha yaitu dengan budidaya toga dan hasilnya dapat dijual atau disalurkan pada yang membutuhkan.

Tanaman Obat Keluarga
Jika sakit kita selalu minum obat-obatan terus padahal ini tidak selalu baik terutama untuk kesehatan kita. Meskipun obat itu adalah resep dari seorang dokterpun! mengapa? karena prinsipnya begini, obat-obatan yang kita minum itu terbuat dari bahan kimia berbeda dengan bahan alami yang dihasilkan oleh toga tadi. Memasukkan bahan-bahan kimia kedalam tubuh sebenarnya sama dengan memasukkan bahan asing seperti racun kedalam tubuh, bedanya obat disini diambil reaksinya yang positif untuk tubuh guna menyembuhkan penyakit, jadi pasti akan ada efek samping dari bahan kimia tersebut yang akan menurunkan daya tahan tubuh kita, hal ini bertolak belakang dengan toga dimana ia malah meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh maka kita akan terhindar dari sakit penyakit.

Jadi tidak ada salahnya dan malah banyak untungnya bila digalakkan untuk setiap keluarga mempunyai toga sendiri dihalaman rumahnya masing-masing, apalagi sekarang harga obat sudah sedemikian mahalnya. Jadi apabila kita kena penyakit-penyakit ringan, dapat disembuhkan dengan toga tadi, tidak harus sedikit-sedikit ke dokter, sehingga dapat juga menghemat pengeluaran akan biaya berobat.

Ada banyak sekali tanaman obat keluarga yang dapat dimanfaatkan, disini akan dibahas beberapa tanaman obat keluarga yang terkenal dan cukup penting.

Temulawak.

Dapat digunakan untuk mengobati sakit kuning/liver, perut kembung, maag, dan diare. Serta dapat juga digunakan untuk menghilangkan pegal-pegal akibat kelelahan. Akhir-akhir ini temulawak juga digunakan sebagai antioksidan dan peningkat daya tahan tubuh.

Keji Beling.

Dapat digunakan untuk mengobati batu ginjal, selain itu dapat juga digunakan untuk obat mencret atau diare karena ia banyak mengandung mineral. Selain itu ia juga bisa digunakan untuk pengobatan wasir (ambeien), maag serta sakit kuning.

Kunyit.

Dapat digunakan sebagai anti inflamasi atau anti radang, juga bisa digunakan sebagai antioksidan, selain itu juga sering digunakan untuk mencegah kanker atau anti tumor dan juga sebagai anti mikroba.

Sambiloto.

Dapat digunakan untuk melindungi hati, karena didalam sambiloto terdapat kandungan senyawa aktif yang dapat dan terbukti dapat melindungi hati dari efek negatif paracetamol atau galaktosamin. Selain itu senyawa aktif tadi juga bisa menekan pertumbuhan sel kanker.
Tempuyung.
 Dalam daun dari tempuyung terkandung kadar kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu daun tempuyung ini bisa juga digunakan pada keadaan dehidrasi berat akibat kekurangan kalium.

Jahe.

Dapat digunakan sebagai antioksidan karena mengandung senyawa oleoresin. Sering digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi sakit kepala, masuk angin, mabuk kendaraan serta untuk meredakan vertigo.

Bawang putih.

Dapat digunakan unutk mengobati batuk dan flu. Dapat juga untuk mencegah kanker serta dihunakan unutk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi.

Beluntas.

Dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan, selain itu dapat digunakan untuk sebagai obat batuk dan obat diare. Dapat juga digunakan sebagai obat turun panas pada demam.

Belimbing Wuluh.

Buahnya dapat digunakan sebagai pengobatan pada gusi berdarah, atau untuk meringankan sakit gigi. Selain itu buah belimbing wuluh juga sering digunakan untuk meredakan pegal linu.

Brokoli.

Brokoli mempunyai banyak sekali kandungan vitamin C, kalsium, dan juga banyak sekali kandungan seratnya. Karena kandungan tersebut brokoli bagus sekali unutk meningkatkan kebugaran tubuh serta dapat meningkatkan daya kerja otak.

Jambu Biji.

Dapat digunakan unutk mengobati diare, maag, masuk angin dan juga unutk kencing manis. Jus dari jambu biji dapat digunakan unutk pengobatan demam berdarah, dimana ia mempunyai khasiat dapat menaikkan jumlah trombosit.

Ciplukan.

Dapat digunakan untuk penyakit flu, sakit tenggorokan, bronchitis, batuk rejan, dll.

Jeruk Nipis. 

Selain dapat diminum untuk sebagai minuman yang segar, air dari jeruk nipis yang diperas dapat digunakan untuk obat kumur pada penyakit radang tenggorokan yang nyeri. Selain itu bisa juga digunakan untuk sembelit, disentri, ambeien , bau badan, batuk, mimisan dan banyak lagi fungsinya.

Daun Kemangi. 

Daun kemangi dapat digunakan unutk mencegah bau mulut, selain itu dapat digunakan pada keadaab diare, atau juga batu ginjal. Bagi penderita sakit maag dan perut kembung juga dapat memakai daun kemangi sebagai pengobatan.

Kencur. 

Sering digunakan unutk pengobatan flu yang terjadi pada bayi, selain itu juga sama seperti jeruk nipis selain menyegarkan juga bisa mengurangi kembung.

Masih banyak lagi tanaman obat lainnya yang tidak kalah khasiatnya dengan obat, jadi manfaatkanlah halaman luang rumah anda unutk membuat tanaman obat keluarga. Tetapi jangan lupakan juga kebiasaan menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan, mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, serta bila memasuki musim pancaroba dimana kita semua rentan sekali sakit, jangan lupa minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau bisa juga memanfaatkan salah satu dari tanaman obat keluarga yang mempunyai fungsi meningkatkan daya tahan tubuh.
Tanaman Obat Keluarga | admin | 5

42 comments:

  1. Kalu punya pekarangan dna tanahnya subur, gak rugi jika ditanami berbagai tanaman-tanaman ini.

    ReplyDelete
  2. makasih ya. ternyata bumbu2 dapur juga termasuk toga, insya allah kita setiap hari dah konsumsi, semoga sehat selalu ya... berkah

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya bermanfaat kren nih :)
    kunjungan balik ya http://waktunyaberbagisemua.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. makasih gan . semoga bermanfaat buat yang lainnya ya .

    ReplyDelete
  5. Ini serius mau nanya gan, kalau buah talok itu manfaatnya buat apaan ya?

    ReplyDelete
  6. Bagus banget ramuannya, semoga menjadi obat yang mujarab

    ReplyDelete
  7. mksh sharenya, sangat bermanfaat tuk kita semua ............

    ReplyDelete
  8. Tanaman menang bagus untuk dijadikan obat obat, karena alami banget
    jangan lupa kunjungi web kami ya www.7liveasia.com

    ReplyDelete
  9. Kalau temulawak memang bias untuk mengobati perut kembung,, karena saya pernah membuktikan sendiri.. dengan minum temulawak dapat bersendawa

    ReplyDelete
  10. bener bgt..obat dari tanaman2 diatas jauh lebih aman dan lbh murah pastinya

    ReplyDelete
  11. Dtunggu Kunjungan Baliknya Ke Blog Saya http://herryyberbagi.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete
  12. ane coba tambahkan gan.. jeruk nipis selain untuk yang disebutkan diatas.. juga berguna untuk menuntaskan jerawat gan., dan memutihkan kulit terutama bagian wajah ... emang sih banyak banget gan manfaat dari tanaman tanaman diatas itu.. thanks

    ReplyDelete
  13. artikelnya di atas sangat menarik dan telah banyak memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat. Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Makasih gan salam kenal bermanfaat bgt niee..

    ReplyDelete
  15. saya biasa pakai buah dan daun jambu biji untuk obat diare, memang yg alami lebih aman plus murah.

    salam sehat alami

    ReplyDelete
  16. murah dan bisa terjangkau dan sangat berkhasiat

    ReplyDelete
  17. Makasih banyak buat infonya...
    sangat bermanfaat sekali... http://goo.gl/gpxq06

    ReplyDelete
  18. Tanaman-tanaman tersebut banyak tubuh di pedesaan. Beberapa masyarakat desa menjadikannya sebagai apotik hidup. Namnun pola makan yang salah membuat masyarakat desa tidak jauh dengan masyarakat kota. Gampang terserang penyakit!

    ReplyDelete
  19. ijin menyimak membaca memahami sekalian nambah ilmu.terimakasih sobat

    ReplyDelete
  20. Pengen sih nanam tanaman di atas, cuma lahan ane gak cukup gan, tembok aja nempel dinding tetangga

    ReplyDelete
  21. Yang belimbing wuluh saya belum tanam, susah cari bibitnya ditempat saya

    ReplyDelete
  22. mending cari yang alami gans kara tidak ada efek sampingnya serta tidak membahayakan dan khasiat lebih bagus

    ReplyDelete
  23. Iya... setuju sekali, mending kita manfaatkan tanaman herbal yang ada di lingkungan sekitar kita


    http://grosirgantunganbajumurah.wordpress.com/

    ReplyDelete
  24. Semakin maju zaman, banyak diantara kita makin dekat kepada sesuatu yang berbau modern dan praktis, sementara yang tradisional semakin diitinggalkan dan dianggap "kuno." Obat-obat kimia jika dikonsumsi berkelanjutan, bisa membuat kinerja jantung, ginjal dan lever menjadi berat. Terima kasih telah berbagi untuk mengingatkan kita "Back To Nature,"

    ReplyDelete
  25. emang tanaman di sekitar kita banyak manfaatnya salah satunya dijadikan obat.
    dan masih ada banyak lagi tanaman2 lainya selain itu.
    tapi bagus info ini koq.

    ReplyDelete
  26. tradisional dan lebih hemat ya gan
    sama kaya buat undangan pernikahan disini http://www.uniquecardwedding.co.id
    lebih murah dan hemat

    ReplyDelete
  27. wah ini dia info yang ane cari....
    nice info

    ReplyDelete
  28. herball itu bagus buat kita
    http://azisbaypesat.blogspot.com/2014/01/mau-bikin-kaos-jaket-baca-manga-ke-nindosub.net-aja.html

    ReplyDelete
  29. terimkasih info nya, sangat menarik untuk dibacca ^_^
    http://goo.gl/Sc2Io1

    ReplyDelete
  30. banyak tanaman obat yang bisa kita tanam di sekitar pekarangan untuk , keluarga

    ReplyDelete
  31. smoga tiap keluarga indonesia memiliki tanaman obat dirumah

    ReplyDelete
  32. yaa elah informasinya sangat bagus bener, semoga semakin cetar membahana ajah informasinya.....gurih-gurih enyoyyy

    http://goo.gl/t4TyzZ

    ReplyDelete
  33. terimakasih informasinya.
    dirumah saya ada lidah buaya, kegunaan tanaman ini apa ya? Eman-eman gitu selama ini belum dimanfaatkan.

    ReplyDelete
  34. Kita dapat melakukan pengobatan dengan berbagai tanaman herbal yang memiliki khasiat yang luar biasa dan dapat kita peroleh dilingkungan sekitar kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

    ReplyDelete
  35. sangat bermanfaat sekali pak, selalu apdate yang baru sehingga kita juga bertambah wawasan

    ReplyDelete