Gejala Kolesterol Tinggi

Banyak sekali ternyata yang tidak mengetahui bagaimana gejala kolesterol tinggi dan hal ini sering sekali ditanyakan, terutama dalam forum-forum kesehatan. Memang hal ini bisa dimaklumi karena jika kadar kolesterol tinggi maka akan dapat memicu beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, penyakit darah tinggi, dll, yang dapat mengakibatkan resiko kematian apabila tidak segera ditangani.

Karena itu banyak masyarakat yang takut dengan penyakit itu dan berusaha mencegah agar kadar kolesterol dalam darah tidak tinggi. Dan berusaha juga untuk mengetahui bagaimana gejalanya bila kolesterol tinggi.

Sebelum mengetahui bagaimana gejala kolesterol tinggi, sebaiknya harus diketahui dulu tentang kolesterol. Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati dan secara normal diperlukan oleh tubuh. Kolesterol ini diperlukan tubuh atau berfungsi bagi tubuh untuk membangun dan memelihara membran sel. Selain itu kolesterol juga berperan dalam produksi empedu dan juga produksi hormon yang berguna untuk reproduksi.

Jenis kolesterol yang berbahaya adalah LDL (ada beberapa jenis kolesterol seperti HDL,Trigliserida dan kolesterol total) dan bila jumlah kolesterol ini melebihi kadar normal (diatas 130 mg/dl) maka akan berpotensi untuk menumpuk di dinding pembuluh darah. Lambat laun penumpukan itu akan semakin banyak sehingga dapat mengakibatkan sumbatan dan akhirnya dapat memicu beberapa penyakit seperti stroke (apabila pembuluh darah diotak yang tersumbat) dan serangan jantung (apabila sumbatan terjadi di arteri koronaria jantung).

Bagaimana mengetahui gejala kolesterol tinggi?

Gejala ini tidak sama pada setiap orang, tetapi kadang bisa sama juga, jadi tidak dapat dijadikan patokan karena bisa juga pada orang yang lain malah tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Biasanya gejala yang sering timbul akibat kolesterol tinggi adalah timbulnya rasa pusing didaerah kepala belakang, gejala ini biasanya timbul karena pada pembuluh darah didaerah tersebut sudah mulai mengeras akibat penumpukan kolesterol di dinding pembuluh dan sudah membentuk endapan kolesterol yang disebut plaque.

Gejala lain yang sering timbul adalah rasa tegang atau pegal-pegal di sekitar bahu sampai ke tengkuk kepala. Ini juga disebabkan karena gangguan pada pembuluh darah di daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol.

Sering timbul rasa pegal dan kesemutan di sekitar tangan dan kaki juga bisa diakibatkan oleh karena kadar kolesterol tinggi. Gejala ini timbul akibat aliran darah ke daerah tangan dan kaki kurang lancar karena pembuluh darah yang dialiri darah tersebut agak menyempit oleh karena penumpukan kolesterol.

Gejala Kolesterol Tinggi
Yang paling harus hati hati adalah bila timbul nyeri di daerah sekitar dada kiri, karena ada kemungkinan pembuluh darah yang terganggu adalah arteri koronaria yang terletak pada jantung dan dapat menyebabkan penyakit jantung koroner/serangan jantung dan berpotensi menimbulkan kematian mendadak. Bila terjadi seperti itu harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksakan lebih lengkap apakah benar dugaan adanya penyempitan pembuluh darah koroner akibat kolesterol atau cuma gejala penyakit lain seperti gastritis.

Dengan kita memahami pentingnya mengetahui apa itu kolesterol dan mengetahui gejala kolesterol tinggi diharapkan kita dapat menjaga kesehatan dengan berolah raga supaya kolesterol tidak naik dan tentunya dengan menjaga makanan juga (mengenai makanan yang menyebabkan naiknya kadar kolesterol akan dibahas di postingan berikutnya).
Gejala Kolesterol Tinggi | admin | 5

2 comments:

  1. Penyakit kolesterol ini memang sangat berbahaya..
    Semoga dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, kita bisa terhindar dari bahaya penyakit ini.

    ReplyDelete