Gejala Rematik

Penyakit rematik atau dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit radang sendi yang kronis dan penyebabnya adalah kelainan autoimun atau juga bisa digolongkan sebagai penyakit autoimun. Kenapa disebut autoimun? imun atau daya tahan tubuh normalnya bekerja membantu tubuh melawan virus atau benda asing tetapi pada penyakit ini imun bekerjanya salah, yang diserang malah tubuhnya sendiri dan pada penyakit rematik ini yang diserang oleh imun adalah sendi-sendi. Bagaimana gejala rematik? baca terus dibawah.

Gejala Rematik
Perlu diketahui bahwa gejala rematik ini tidak sama pada setiap penderita, tetapi gejala pada umumnya seperti dibawah ini.

Kaku sendi pagi hari.

Bedanya antara penyakit rematik dengan penyakit sendi yang lain seperti asam urat atau osteoarhtritis adalah lamanya kaku sendi. Pada rematik kaku sendi bisa berlangsung selama 1 jam sedangkan penyakit sendi yang lain paling lama 30 menit.


Sendi yang terserang bengkak dan nyeri.

Bila diraba sendi yang terkena rematik akan terasa hangat dan bila ditekan terasa lunak/lembek dan penderitanya akan merasa nyeri sekali. Perbedaan dengan penyakit sendi yang lain adalah sifat simetrisnya yaitu bila sendi kiri kena maka yang kanan juga kena.

Nodul subcutan.

Ini adalah benjolan yang timbul dibawah kulit dengan bentuk bulat atau oval dan bila diraba akan teraba keras. Benjolan ini sering timbulnya didekat persendian terutama pada sendi ujung jari.

Kista Baker (Baker cyst).

Ini adalah benjolan yang timbul pada belakang sendi lutut dan timbulnya karena disebabkan akumulasi atau penumpukan cairan sendi yang bocor. Kista ini juga bisa timbul pada penderita selain rematik.

Gejala tambahan.

Gejala ini adalah flu like syndrom, yaitu gejala yang mirip seperti flu pada awal terkena penyakit. Gejala ini meliputi meriang sampai demam yang disertai kelelahan dan akhirnya terdapat penurunan berat badan.

Gejala seperti diatas sering datang dan hilang atau kambuhan dan berlangsung menahun (kronis). Bila dibiarkan maka akan timbul kerusakan sendi hingga menimbulkan kecacatan yang sifatnya permanen.

Karena akibat yang ditimbulkannya sangat berat dan dapat menyebabkan kecacatan sudah seharusnya kita semua mewaspadai penyakit ini dengan mengetahui gejala rematik awal. Jangan lupa membaca artikel yang lain tentang obat rematik tradisional.
Gejala Rematik | admin | 5

3 comments:

  1. Rematik ini rentan mengenai mereka yang berusia lanjut, tapi tidak menutup kemungkinan yang masih muda juga bisa terkena..
    Terima kasih informsinya..

    ReplyDelete
  2. sebaiknya saya harus bisa mengenali gejala rematik. terimakasih untuk infonya fejala rematik. Salam Kenal

    ReplyDelete
  3. Sungguh pengetahuan yang bermanfaat, rematik sudah sedemikian lama menghinggapi banyak dari kita tanpa menyadari apa dan bagaimana sesungguhnya rematik itu, terima kasih atas artikel yang penuh manfaat ini, salam kenal, semoga terus mencapai sukses. Kapan-kapan singgahlah diblog saya www.jadipintar.com

    ReplyDelete