Cara Alami Turunkan Demam

Demam adalah keadaan suhu tubuh yang meningkat daripada normal, suhu tubuh normalnya sekitar 36,7 - 37,5 derajat Celcius. Apabila setelah diukur dengan termometer suhu dan suhunya diatas itu berarti bisa dikatakan tubuh sedang demam. Apabila mengacu pada perhitungan medis dikatakan demam apabila suhu tubuh diatas atau sama dengan 38,5 derajat Celcius.

Demam ini akan membuat badan menjadi lemas dan tidak bisa beraktivitas, apalagi bila yang menderita adalah anak-anak. Yang pasti akan membuat aktivitas terhambat. Sebelum Anda mengonsumsi obat ada baiknya apabila mencoba beberapa tips atau cara alami dibawah, karena penyebab demam bisa bermacam-macam dan ada kasus demam yang tidak memerlukan obat sama sekali.

Berikut ini cara alami yang sering digunakan untuk meredakan demam :

Berendam air hangat

Bila demam ini timbul sehabis kehujanan, maka ini adalah cara yang manjur untuk meredakannya, karena dengan berendam atau mandi dengan air hangat dapat menurunkan suhu tubuh Anda. Hal ini karena setelah mandi, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan demam akan turun. Air hangat ini juga bisa membersihkan tubuh dari kotoran akibat kehujanan.

Kompres dahi dengan spons basah

Cara ini adalah salah satu cara yang paling populer untuk menurunkan demam secara alami. Gunakan spons basah dan letakkan di atas dahi hingga demam Anda turun.

Minumlah air putih banyak-banyak

Cara ini cukup efektif untuk menurunkan demam akibat dehidrasi. Selain membantu agar Anda terhindar dari dehidrasi, air putih membantu agar panas tubuh Anda menurun sehingga demam pun akan hilang.

Buat suhu ruangan menjadi sejuk

Saat Anda sedang demam, jagalah suhu di ruangan Anda supaya tetap dingin atau sejuk. Suhu dingin yang nyaman akan membantu meredakan suhu tubuh Anda.

Beberapa cara untuk menurunkan demam dengan mengunakan tanaman

Mengolesi kaki dengan bawang putih

Selain untuk dijadikan bumbu masakan, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan demam. Caranya yaitu campurkan sedikit bawang putih dengan minyak kelapa dan kemudian oleskan di telapak kaki penderita demam. Biarkan selama satu malam hingga demam reda.

Ramuan Lempuyang untuk turunkan demam

Lempuyang warnanya putih kekuningan dan rasanya pahit. Didalamnya memiliki kandungan senyawa minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan panas. Umumnya yang digunakan adalah rimpangnya.

Caranya yaitu cuci bersih 10 gram umbi lempuyang emprit. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Campur dengan 2 sendok makan (sdm) madu bunga kapuk, aduk rata. Berikan 3 kali sehari untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak dosis disesuaikan dengan usia dan berat badannya.

Ramuan Kunyit untuk turunkan demam

Kunyit yang berwarna orange ini ternyata memiliki kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi (anti radang). Selain sebagai penurun panas, campuran ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk membuat ramuan penurun demam caranya yaitu cuci bersih 10 gram umbi kunyit. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Tambahkan dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, kemudian berikan 3 kali sehari untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak dosis disesuaikan dengan usia dan berat badannya.

Ramuan Temulawak untuk turunkan demam

Temulawak memiliki zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena, dan lain-lain. Manfaatnya sebagai anti inflamasi (anti radang), antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Temulawak sejak dahulu banyak digunakan sebagai obat penurun panas, merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal.

Cara membuat ramuan penurun panas dari temulawak yaitu cuci bersih 10 gram rimpang temulawak. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak dosis disesuaikan dengan usia dan berat badannya.

Ramuan Meniran untuk turunkan demam

Tanaman meniran tingginya mencapai 1 meter, tumbuh liar, daunnya berbentuk bulat dan tergolong daun majemuk bersirip genap. Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan. Memiliki kandungan lignan, flavonoid, alkaloid, triterpenoid, tanin, vitamin C, dan lain-lain. Bermanfaat untuk menurunkan panas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara membuat ramuannya yaitu rebus 1 genggam meniran segar dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tinggal 1 gelas. Bagi menjadi 3 bagian dan diminum 3 kali sehari untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak dosis disesuaikan dengan usia dan berat badannya.

Apabila dalam 2 hari demam tidak turun, periksalah ke pengobatan terdekat karena dikhawatirkan terdapat penyebab demam yang lain yang memerlukan obat khusus seperti antibiotik. Semoga bermanfaat. 
Cara Alami Turunkan Demam | admin | 5

2 comments: