Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat buah pisang. Pisang banyak ditemui di negara kita karena pohon pisang bisa tumbuh dimana saja dan bisa berbuah tanpa tergantung musim. Selain buahnya yang dapat dimakan, ternyata pisang juga mempunyai manfaat lain untuk kesehatan kita. Selain mempunyai kandungan kalori yang tinggi, buah ini juga mempunyai kandungan kalium yang tinggi. Jadi pisang dapat dijadikan sebagai salah satu makanan sehat bagi kita.

Untuk mendapatkan buah pisang sangat mudah sekali karena banyak sekali dijual dimana-mana dan lagi dengan harga yang murah. Kandungan lain pisang selain diatas adalah kaya akan serat jadi cocok untuk diet, kaya akan karbohidrat bisa sebagai sumber energi, serta sumber vitamin dan mineral bagi tubuh kita.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat pada pisang

Disetiap 100 gram buah pisang mengandung 136 kalori, jumlah ini dua kali lipat lebih tinggi jika dibanding dengan buah apel dengan berat sama dimana kandungannya sekitar 54 kalori saja. Sedangkan Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh. Sehingga vitalis tubuh saat beraktifitas/olah raga bisa lebih terjaga dalam kondisi fit. Karena itu tidak jarang para atlet tenis banyak memakan pisang disela-sela game pertandingan.

Didalam pisang terdapat banyak sekali kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi dengan jumlah dua kali lipat dari buah apel yaitu dalam tiap 100 gram berat kering buah pisang memiliki kadar besi dan seng sebesar 2 miligram dan 0,8 miligram. Selain itu Provitamin A juga tersedia dalam buah pisang yang mencapai 45 mg.

Berbagai manfaat lain pisang untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pisang

Melancarkan buang air besar serta mengurangi masalah sembelit

Pisang merupakan sumber serat yang baik dan obat pencahar alami. Oleh karena itu, dapat membantu memulihkan buang air besar menjadi normal tanpa obat pencahar dan menghindari masalah sembelit yang menyakitkan.

Dapat mengobati diare

Ternyata manfaat buah pisang bagi pencernaan kita sangat banyak, selain bisa melancarkan buang air besar, pisang juga bisa berperan sebagai anti diare ini karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu pisang juga mengandung pektin untuk menormalkan gerakan dalam sistem pencernaan. Bila Anda menderita diare, tubuh Anda kehilangan cairan penting seperti elektrolit, mineral, minum segelas air tidak akan banyak membantu.

Mengobati jerawat serta menghaluskan kulit wajah

Pisang dapat diolah menjadi masker untuk membantu dalam pengobatan jerawat, caranya hancurkan daging buah pisang yang telah matang atau menguning secukupnya, lantas oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan. Ulangi selama beberapa hari hingga jerawat hilang dan kulit bersih. Untuk menghaluskan kulit lakukan dengan cara hancurkan pisang dan tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan sebagai masker pada wajah yang bermasalah. Rasakan betapa kulit wajah akan berubah menjadi halus dan lembut.

Meningkatkan mood atau perasaan tenang

Karena kaya akan potasium, maka pisang membantu sirkulasi oksigen ke otak sehingga membantu meningkatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari. Selain itu juga mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

Meredakan perih akibat sakit maag

Ketika terlambat makan dan perut sudah mulai pedih, makanlah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang diketahui memiliki zat penangkal asam dalam tubuh.

Sangat bermanfaat untuk ibu hamil

Pisang mengandung banyak asam folat dan asam folat ini sangat baik bagi pertumbuhan janin, karena asam folat adalah vitamin yang diperlukan untuk menciptakan sel-sel baru dalam tubuh yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Selain itu asam folat ini juga dapat membantu mengurangi risiko cacat pada bayi, seperti masalah saraf  tulang belakang.

Jadi pisang ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan kita utamanya sebagai sumber energi karena kandungan karbohidratnya so jangan dilupakan manfaat buah pisang bagi kesehatan Anda.
Manfaat Pisang Bagi Kesehatan | admin | 5

4 comments:

  1. http://sepatugunung.net terima kasih atas posting manfaat buah pisang,besok ane pergi ke pasar beli pisang setelah tau manfaatnya

    ReplyDelete
  2. Ternyata pisang manfaatnya banyak juga ya? keren artikelnya, salam kenal http://www.halamanrumah.com/

    ReplyDelete
  3. wah ternyata manfaat buah pisang banyak juga yah, jadi pengen mencoba nya

    ReplyDelete
  4. kelebihan dari pisang lain adalah, tidak pernah ada ulat pada buah pisang.
    terima kasih atas infonya, terima kasih ya

    Cara Mudah Temukan Rumah Dijual / Disewa Disini
    Sewa Apartement
    Perumahan Baru

    ReplyDelete