Macam-Macam Vitamin Dan Fungsinya

Macam-macam vitamin. Tubuh Anda membutuhkan vitamin untuk bekerja secara optimal. Ada 2 jenis vitamin yang ada yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin larut lemak terdiri dari vitamin A, D, E dan K, sedangkan vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B dan vitamin C. Semua vitamin ini melakukan fungsinya masing-masing dalam tubuh Anda dan memberi manfaat kesehatan bagi Anda dalam banyak cara. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda dengan makan diet seimbang.


Macam-Macam Vitamin


Vitamin A

Vitamin A membantu menjaga penglihatan yang baik dan mendukung pertumbuhan sel normal. Hal ini sangat penting dalam perkembangan janin dan embrio. Dengan mendapat asupan yang memadai dari vitamin A, Anda dapat menjaga gigi, tulang, kulit dan selaput lendir dalam tingkat kesehatan yang baik. Vitamin yang larut dalam lemak ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka, juga fungsi sistem kekebalan tubuh, sistem reproduksi, dan juga pembentukan tulang serta untuk pertumbuhan. Sumber vitamin A yang sangat baik adalah buah jeruk, sayuran berdaun hijau gelap, hati dan susu yang diperkaya dengan vitamin A.

Vitamin B kompleks

Dari bermacam-macam vitamin, vitamin B kompleks inilah yang mempunyai macam paling banyak yaitu terdiri dari delapan vitamin, yang meliputi B1, B2, B3, B5, B6, B7, B12 dan asam folat, atau B9. Vitamin ini membantu menghasilkan energi bagi tubuh Anda agar dapat berfungsi lebih baik. Vitamin B juga membantu tubuh Anda dalam pembentukan sel darah merah, yang memasok oksigen ke jaringan tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin B adalah kacang-kacangan, kacang polong, telur, produk susu, daging, unggas dan ikan.

Vitamin C

Peran vitamin ini adalah sebagai antioksidan yaitu melindungi tubuh terhadap efek dari radikal bebas, molekul tidak stabil yang merusak DNA Anda dan dapat meningkatkan proses penuaan dan gangguan masalah kesehatan seperti radang sendi, kanker dan penyakit jantung. Vitamin C juga berperan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki dan memelihara tulang dan gigi serta untuk penyembuhan luka. Vitamin ini membantu membuat kolagen, protein penting yang merupakan komponen struktural utama dari tendon, tulang rawan, pembuluh darah, kulit dan ligamen. Buah dan sayuran seperti melon, stroberi, tomat, kubis, kembang kol, paprika hijau, semangka, pepaya, dan kubis Brussel banyak mengandung vitamin penting ini.

Vitamin D

Bukti menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin D dapat mengurangi risiko kanker tertentu, terutama pankreas, payudara, prostat, usus besar dan kulit. Vitamin D dan kalsium bekerja sama untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Hal ini akan memberikan perlindungan dari osteomalacia, pelunakan tulang pada orang dewasa, dan penyakit rakhitis. Sumber yang baik dari vitamin D adalah ikan tuna, mackerel dan salmon, selain itu juga minyak hati ikan atau makanan yang mengandung minyak tadi. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari.

Vitamin E

Sifat antioksidan dari vitamin E melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan untuk melawan infeksi bakteri serta virus. Vitamin ini membantu tubuh Anda untuk menggunakan vitamin K, vitamin yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah. Vitamin yang larut dalam lemak ini juga berkontribusi terhadap pembentukan sel darah merah. Makan makanan seperti sereal, biji-bijian, minyak sayur, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau bisa membantu Anda mendapatkan vitamin E sesuai jumlah yang direkomendasikan.

Vitamin K

Tubuh Anda menyimpan vitamin K dalam jaringan hati dan lemak. Vitamin K berperan penting dalam membantu proses pembekuan darah. Vitamin ini juga membantu tubuh Anda menggunakan kalsium untuk membangun tulang. Bukti menunjukkan bahwa nutrisi penting ini mampu mendorong perkembangan tulang menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko patah tulang. Makanan yang banyak mengandung vitamin K antara lain selada hijau tua, kubis, bayam, brokoli, asparagus, teh hijau, lobak, dan hati sapi.

Itulah macam-macam vitamin beserta fungsinya masing-masing juga makanan yang menjadi sumbernya. Untuk mendapatkan kecukupan vitamin tadi konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin tadi. Jangan lewatkan artikel tentang manfaat daun seledri bagi kesehatan.
Macam-Macam Vitamin Dan Fungsinya | admin | 5

1 comments:

  1. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    Judi Online www.168sdbet.com
    terima kasih

    ReplyDelete