Makanan Tinggi Kalsium

Makanan Tinggi Kalsium. Kalsium merupakan mineral penting bagi kesehatan manusia. Ia adalah mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh kita. Setiap orang rata-rata mengandung sekitar 1 kilogram kalsium. 99 % kalsium kita disimpan dalam tulang dan gigi. Hal ini penting untuk pembentukan tulang, yang berlangsung sepanjang hidup kita.

Untuk orang dewasa kebutuhan kalsium yang dianjurkan adalah 1000 mg/ hari. Kalsium ini diperlukan untuk fungsi otot, transmisi saraf, dan aktivasi berbagai enzim. Hal ini juga diperlukan untuk penyembuhan luka, karena kalsium juga berperan penting dalam pembekuan darah.

Kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium dari makanan ditingkatkan dengan bantuan nutrisi yang berasal dari vitamin D. Zat lain yang membantu penyerapan kalsium adalah vitamin K, magnesium dan fosfor .

Kalsium diserap ke dalam tubuh kita melalui usus kecil. Kelebihan kalsium akan dibuang melalui urin, feses, dan keringat. Sebagai suplemen, kalsium tersedia dalam berbagai bentuk seperti kalsium sitrat, kalsium karbonat dan kalsium fosfat.

Beberapa antasida juga mengandung kalsium. Bila Anda mengonsumsi makanan tinggi kalsium, jangan terlalu berlebihan karena jumlah yang sangat tinggi dari kalsium dapat menyebabkan sembelit dan batu ginjal.

Makanan Tinggi Kalsium


Kacang almond

Kacang-kacangan dan biji-bijian bukan hal pertama yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka sedang mencari makanan untuk meningkatkan asupan kalsium mereka. Tapi bayangkan bila setengah cangkir almond lezat mengandung 183 miligram kalsium, atau sama dengan 18 % dari nilai yang direkomendasikan untuk 1 hari. Selain membantu memperkuat tulang Anda, almond juga dapat meningkatkan berat badan, juga baik untuk kesehatan usus besar, dan kesehatan jantung .

Biji wijen

Biji wijen dikenal karena rasanya yang menyenangkan dan tekstur halus yang terasa pada banyak makanan. Tapi Anda mungkin tidak tahu bahwa satu sendok makan biji kecil ini dapat memberi Anda 88 miligram kalsium. Biji wijen juga merupakan sumber nutrisi dan mineral lainnya termasuk tembaga, mangan, besi, dan juga kaya serat. Mulailah bereksperimen untuk menggunakannya dalam masakan Anda .

Jeruk

Vitamin C dalam jeruk sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi jeruk juga merupakan sumber yang luar biasa dari kalsium. Jus jeruk adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda, tapi yang paling bermanfaat bagi kesehatan adalah mengkonsumsi seluruh buah jeruk (tentu saja tanpa kulitnya). Satu jeruk dapat memberi sekitar 6 % dari kebutuhan kalsium rata-rata dalam satu hari.

Kubis

Anda mungkin berpikir kubis hanya sekedar hiasan untuk masakan, tapi ternyata, hanya secangkir kubis mentah yang sehat mengandung 90 miligram kalsium, menyumbang sekitar 9 % dari kebutuhan harian kalsium yang direkomendasikan. Anda dapat menambahkannya ke sup, atau meletakkannya di burger, atau bisa juga dengan menumisnya dengan minyak zaitun dan bawang putih sebagai lauk yang fantastis.

Bayam mentah

Ketika menikmati salad atau sandwich yang sehat, pilihlah sayuran yang berdaun hijau gelap seperti bayam. Jika Anda melakukannya, Anda akan melihat peningkatan instan dalam rasa, tetapi apa yang Anda mungkin tidak menyadari adalah bahwa Anda menambahkan tumpukan nutrisi dan mineral untuk diet Anda juga. Bayam mentah tinggi akan vitamin A, vitamin K, serat, kalium, dan kalsium, membuatnya menjadi makanan super yang menguntungkan bagi hampir setiap aspek kesehatan Anda.

Sarden

Sarden lebih sering dikemas dalam kaleng, dan itu adalah sangat tepat karena ikan kecil ini mengandung semua jenis vitamin dan nutrisi. Sarden telah dibuktikan untuk mencegah kanker tertentu, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kesehatan tulang. Mereka memiliki kandungan kalsium yang tinggi, memakan sarden adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda jika Anda sedang berusaha untuk melindungi diri dari penyakit tulang degeneratif dan osteoporosis.

Susu Kedelai

Banyak orang beralih dari susu biasa ke susu kedelai karena manfaat kesehatan yang luar biasa dari kedelai. Susu kedelai memiliki nilai kalsium yang sama dengan susu skim yaitu 2 % , tetapi kedelai juga memberi beberapa manfaat kesehatan lainnya, termasuk pencegahan kanker tertentu, mempromosikan penurunan berat badan, dan juga dapat menurunkan kolesterol. Selain itu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium tubuh Anda, meminum susu kedelai adalah tambahan yang ideal untuk diet tinggi kalsium.

Havermut/ Oatmeal

Oatmeal sangat baik untuk kesehatan, ia menjadi pilihan sarapan yang ideal bagi orang yang ingin meningkatkan hampir semua aspek kesehatan mereka. Oatmeal dikemas dengan serat dan tinggi vitamin dan mineral, termasuk kalsium. ¾ cangkir dapat memberi sekitar 20 miligram kalsium, atau sekitar 2 % dari nilai kebutuhan kalsium sehari-hari. Jika oatmeal tidak sesuai dengan selera Anda, cobalah pemanis dengan kayu manis atau menambahkan berry favorit Anda untuk membuatnya lebih enak ....

Ikan salmon

Salmon adalah makanan alternatif pengganti daging merah yang menyehatkan jantung. Makan secara teratur dan Anda akan merasakan peningkatan kesehatan dalam tubuh Anda. Salmon merupakan sumber yang layak untuk kalsium dan vitamin b12. Setengah dari fillet salmon, atau 154 gram, memberi sekitar 20 miligram kalsium, atau 2% dari nilai kebutuhan harian. Selain untuk tulang dan kesehatan jantung, salmon juga dikenal untuk mencegah terhadap kanker tertentu, meningkatkan fungsi kognitif, dan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Kedelai

Kedelai adalah makanan kesehatan yang paling top. Mereka sumber yang baik dari banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan, termasuk protein, zat besi, dan serat. Dan jika Anda khawatir tentang kalsium, kedelai adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan mineral penting ini dalam diet Anda. Mereka memiliki konsentrasi tinggi kalsium dan isoflavon, yang penting untuk kesehatan tulang dan dapat meningkatkan kepadatan tulang Anda.

Plain Yogurt

Jika Anda khawatir tentang asupan kalsium Anda, ambil satu porsi yoghurt untuk sarapan, makan siang, atau makanan penutup setelah makan malam dan tubuh Anda tidak akan kekurangan kalsium. Seporsi sekitar delapan ons dapat memberi sebanyak 42% dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk kalsium, dan dengan hanya sekitar 160 kalori.

Brokoli

Untuk diet yang seimbang dan sehat, Anda harus makan banyak sayuran. Brokoli, khususnya, sangat bagus untuk kesehatan tulang, karena mengandung kalsium yang tinggi dan vitamin K. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang, kekuatan tulang, dan pencegahan osteoporosis. Menambahkan brokoli untuk diet Anda juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan jantung.

Itulah beberapa makanan tinggi kalsium yang dapat Anda manfaatkan sebagai makanan kesehatan. Jangan lupa juga baca artikel lain tentang manfaat jeruk nipis untuk wajah.
Makanan Tinggi Kalsium | admin | 5

1 comments: