Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Manfaat Singkong. Singkong yang juga dikenal sebagai ubi kayu atau yucca, adalah suatu rimpang tepung yang sebagian besar dibudidayakan di iklim panas seperti Afrika, Asia dan Amerika Selatan. Di Indonesia juga terkenal sebagai makanan sampingan, selain itu hasil produk olahannya juga bisa dinikmati sebagai camilan seperti keripik singkong, dll. Singkong tidak boleh dimakan mentah. Hal ini karena mengandung sejumlah racun glikosida sianogen, yang dapat dikurangi tingkat berbahayanya dengan cara memasaknya. Selain tebu, singkong merupakan salah satu sumber terkaya dari karbohidrat.

Ada banyak anggapan yang meremehkan singkong ini, itu karena singkong ini banyak dikonsumsi oleh kalangan menengah kebawah, padahal mereka tidak tahu bahwa singkong juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat singkong untuk kesehatan.

Manfaat Singkong


Kaya Mineral

Singkong merupakan sumber yang baik dari mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, besi dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan dan fungsi jaringan tubuh Anda. Misalnya, kalsium diperlukan untuk tulang dan gigi yang kuat, besi juga membantu dalam pembentukan dua protein, yaitu hemoglobin dan mioglobin, dimana keduanya berperan untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh Anda dan mangan yang membantu dalam pembentukan tulang, jaringan ikat dan hormon seksual. Kalium diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat. Menurut informasi dari Departemen Pertanian, 1 porsi yang terdiri 100 gram singkong mengandung 16 miligram kalsium, 21 miligram magnesium, 271 miligram kalium, 27 miligram fosfor dan 0,4 miligram mangan. Selain itu juga memiliki 14 miligram sodium, 0,3 miligram seng dan 0,3 miligram zat besi. Bayangkan betapa banyaknya kandungan mineral didalam singkong ini. Jadi salah satu manfaat singkong adalah sebagai sumber mineral bagi tubuh.

Kaya Serat

Singkong juga mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu mencegah sembelit. Serat ini juga membantu Anda menurunkan berat badan karena akan membuat Anda merasa kenyang agak lama, sehingga Anda akan makan dengan jumlah sedikit saja. Hal ini juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tidak sehat, yang akhirnya akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Jika Anda menderita diabetes, makan singkong kaya serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Kaya Karbohidrat

Singkong mengandung 38 gram karbohidrat per 100 gram porsi. Hal ini merupakan sumber energi yang baik bagi individu yang mempunyai kegiatan fisik yang berat. Kegiatan-kegiatan tersebut menguras glikogen, yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan dalam otot. Ketika Anda makan singkong, karbohidrat yang ada di dalamnya akan diubah menjadi glukosa dalam tubuh Anda, yang kemudian diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam otot.

Bebas gluten

Tidak adanya protein yang sering mengakibatkan alergi (gluten) membuat singkong sebagai pengganti tepung yang baik untuk gandum , oat, barley dan gandum. Orang yang didiagnosis dengan penyakit celiac/ celiac diseases dan alergi terhadap gluten dapat terbantu dengan mengkonsumsi makanan yang dibuat dengan menggunakan tepung tapioka atau tepung singkong.

Kaya Saponin

Singkong merupakan sumber saponin. Phytochemical ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Mereka melakukannya dengan mengikat asam empedu dan kolesterol, sehingga mencegah asam empedu dan kolesterol ini diserap melalui usus kecil. Selain itu efek antioksidan dari saponin dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Jadi saponin juga dapat membantu mencegah kanker.

Itulah manfaat singkong bagi kesehatan kita. Banyak yang tidak menyangka akan manfaat singkong ini dan menganggapnya sebagai makanan murahan, mulai sekarang manfaatkan singkong untuk kesehatan Anda. Jangan lewatkan juga artikel tentang makanan berserat.
Manfaat Singkong Bagi Kesehatan | admin | 5

1 comments: