Fungsi Dan Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai asam askorbat yang berperan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit skorbut/gusi berdarah, pengobatan flu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan darah tinggi, menyembuhkan katarak, pengobatan kanker, mengobati stroke, menjaga elastisitas kulit, penyembuhan luka, dan mengendalikan gejala asma.

Vitamin C adalah vitamin larut air yang merupakan salah satu nutrisi yang paling efektif dan paling aman. Vitamin ini adalah termasuk antioksidan yang kuat dan berperan untuk sintesis kolagen, yang membantu untuk membuat pembuluh darah dan otot-otot tubuh menjadi kuat. Tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin C. Oleh karena itu, vitamin ini didapatkan melalui makanan dan suplemen lainnya.


Sumber vitamin C

Sumber penting dari vitamin C adalah buah jeruk dan anggur. Selain itu stroberi, raspberry, kubis, kembang kol, sayuran berdaun lainnya, paprika merah, kentang, brokoli, cabai, selada air, peterseli, kubis Brussel, melon, dan buah-buahan kiwi juga merupakan sumber yang kaya vitamin C. Agar vitamin C dapat bermanfaat maka masaklah bahan makanan yang mengandung vitamin C tadi pada suhu rendah dan dalam waktu yang singkat.

Manfaat Vitamin C


Mencegah skorbut/gusi berdarah

Skorbut dapat dicegah dengan asupan yang cukup vitamin C. Gejala-gejala skorbut muncul karena melemahnya jaringan ikat, tulang, dan pembuluh darah yang terdiri dari kolagen. Vitamin C ini diperlukan untuk produksi kolagen tersebut.

Pengobatan Common Cold/flu

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga dapat melindungi kita dari flu dan batuk. Vitamian ini memfasilitasi penyerapan zat besi dan karena itu memperkuat daya tahan tubuh kita terhadap infeksi. Vitamin ini juga mampu untuk melawan virus.

Menurunkan Hipertensi

Orang dengan hipertensi berada pada risiko tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskuler(jantung dan pembuluh darah). Asupan suplemen vitamin C membantu untuk menurunkan tekanan darah tubuh.

Melebarkan pembuluh darah

Pengobatan dengan vitamin C secara efektif dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang tepat dalam kasus aterosklerosis, gagal jantung kongestif, kolesterol tinggi, angina pectoris, dan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin C meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan melindungi kesehatan jantung.

Menyembuhkan keracunan logam timbal

Keracunan timbal merupakan masalah kesehatan yang parah dan kebanyakan ditemukan pada anak-anak, terutama di daerah perkotaan. Perkembangan abnormal dan pertumbuhan telah ditemukan pada beberapa anak yang terkena. Mereka biasanya tidak mampu belajar dan juga cenderung memiliki IQ yang rendah. Logam ini juga dapat merusak ginjal dan meningkatkan tekanan darah pada orang dewasa. Suplemen vitamin C dapat mengurangi kadar timbal dalam darah.

Menyembuhkan Katarak

Katarak adalah problem yang paling sering dihadapi dalam hal penglihatan. Pada penderita katarak sering ditemukan penurunan vitamin C pada lensa matanya. Peningkatan asupan vitamin C akan meningkatkan suplai darah ke daerah mata.

Pengobatan Kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi tinggi sayuran segar dan buah-buahan memiliki hubungan dengan risiko yang minimal untuk terkena berbagai jenis kanker. Studi juga menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C berhubungan dengan penurunan terjadinya kasus kanker paru-paru, mulut, pita suara, tenggorokan, usus besar, rektum, perut, dan kerongkongan.

Memerangi Stroke

Vitamin C juga membantu dalam mengurangi resiko stroke, serta penyakit jantung. Diet yang banyak mengandung sayuran dan buah-buahan dapat meningkat jumlah vitamin C, yang berguna untuk mempertahankan tekanan darah yang normal. Vitamin ini juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menjadi penyebab untuk stroke.

Meningkatkan Mood

Vitamin C memainkan peran penting dalam produksi neurotransmiter, seperti norepinefrin. Mereka mempengaruhi suasana hati seseorang, dan mereka sangat penting untuk berfungsinya otak.

Kekebalan tubuh/imunitas

Imunitas adalah manfaat penting dari vitamin ini. Vitamin C secara luas dikenal karena kontribusinya terhadap sistem kekebalan tubuh dan stimulasi terhadap pembuluh darah.

Penyembuhan luka

Vitamin C juga membantu untuk memperbaiki luka. Vitamin ini memfasilitasi pertumbuhan jaringan ikat, yang mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengontrol Asma

Asam askorbat juga membantu mengurangi gejala asma. Vitamin ini membantu untuk melindungi terhadap efek berbahaya dari polusi dalam tubuh manusia, yang sering menimbulkan gejala seperti asma.

Mengontrol Diabetes

Salah satu alasan utama untuk terkena diabetes, seperti yang ditemukan oleh berbagai studi, adalah rendahnya tingkat vitamin C. Suplemen vitamin C sangat bermanfaat sebagai obat untuk diabetes, karena mereka membantu dalam pengolahan insulin dan glukosa.

Mencegah Penyakit Jantung

Jumlah yang memadai dari vitamin C sangat penting untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan lain-lain. Ini bisa menjadi penyebab timbulnya aterosklerosis. Dalam hal ini Vitamin C bertindak sebagai agen dalam pencegahan penyakit jantung, serta berbagai masalah jantung lainnya.

Itulah berbagai manfaat vitamin C untuk kesehatan kita. Karena itu perbanyaklah memakan makanan yang menjadi sumber vitamin C. Jangan lewatkan artikel tentang makanan penurun kolesterol.
Fungsi Dan Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh | admin | 5

0 comments:

Post a Comment