Makanan Penurun Kolesterol

Makanan penurun kolesterol. Beberapa makanan yang dapat menurunkan berat badan sangat membantu mengurangi kadar kolesterol. Bila kita memilih diet yang sehat, yaitu yang mempunyai lemak jenuh rendah adalah penting untuk membantu menjaga kolesterol Anda agar tetap rendah. Anda dapat mengurangi kadar kolesterol Anda dengan menyertakan beberapa jenis makanan penurun kolesterol dibawah ini ke dalam menu makanan Anda setiap hari.

Makanan penurun kolesterol


Makanan yang terbuat dari kedelai

Ini adalah makanan alami yang mempunyai kadar lemak jenuh rendah, makanan ini dapat membantu menurunkan kolesterol. Protein khusus yang terdapat dalam kedelai bekerja mempengaruhi tubuh untuk mengatur metabolisme kolesterol. Studi menunjukkan Anda dapat menurunkan kolesterol Anda sebanyak 6 % dengan mengonsumsi 15 gram kedelai per hari. Beberapa makanan yang terbuat dari kedelai adalah : susu kedelai, kacang kedelai, kacang edamame, tahu, dll.

Kacang-kacangan

Semua jenis kacang kaya akan protein nabati, serat, lemak tidak jenuh yang bagus untuk jantung, vitamin E, magnesium, kalium, dan sejumlah nutrisi dari tanaman yang bersifat menguntungkan. Sekitar 30 – 35 gram kacang dalam sehari (atau sekitar segenggam) memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol sebesar 5 %.

Gandum dan jelai

Baik gandum maupun jelai kaya akan serat yang mudah larut yang disebut beta glucan. Setelah dimakan beta glucan akan membentuk gel yang membantu mengikat kolesterol dalam usus dan mencegah agar tidak diserap oleh tubuh. Disarankan untuk makan sekitar 3 gram beta glukan setiap hari. Makanan yang mengandung 1 gram atau lebih dari beta glucan diklaim dapat menurunkan kolesterol.

Makanan yang mengandung sterol dan stanol

Sterol dan stanol adalah senyawa kimia yang terdapat dalam membran sel tanaman tertentu. Sterols secara struktural mirip dengan kolesterol dan dapat dibagi menjadi sterol dan stanol. Efek untuk menurunkan kolesterol yang dihasilkan telah dikenal untuk beberapa waktu .

Sterol / stanol secara alami ditemukan dalam berbagai makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Namun, bagi kebanyakan orang, tidak mungkin untuk mencapai asupan sterol dan stanol yang optimal dari hanya makanan biasa.

Asupan dari 1,5 - 2.4 gram sterol / stanol setiap hari telah terbukti mengurangi kolesterol sebesar 7-10% selama 2-3 minggu. Mereka bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus.

Buah-buahan dan sayuran

Semua buah-buahan dan sayuran mempunyai kadar lemak jenuh yang rendah sehingga makan lebih banyak jenis ini akan membantu untuk menjaga agar kadar lemak jenuh tetap rendah. Buah dan sayuran juga merupakan bahan serat larut air yang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya satu dari beberapa pilihan ini yaitu buncis, kacang polong, kacang lentil dalam menu makanan Anda sehari-hari. Makanan lain yang juga kaya akan serat adalah ubi jalar, terong, brokoli, apel, strawberry dan buah prune.

Makanan yang banyak mengandung lemak tidak jenuh

Menjaga asupan lemak jenuh kita sehari-hari di bawah 20 gram untuk wanita dan 30 gram untuk laki-laki sangat penting untuk menurunkan kolesterol, tetapi tidak kalah pentingnya untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun, bunga matahari, jagung, sayuran, kacang dan biji minyak lainnya. Makanan lain yang kaya lemak tidak jenuh adalah alpukat, minyak ikan dan kacang-kacangan. Hindari kelapa dan kelapa sawit karena minyak yang berasal dari kedua bahan tersebut tidak seperti minyak sayur lainnya, minyak yang berasal dari kedua bahan itu banyak mengandung lemak jenuh.

Itulah makanan penurun kolesterol yang dapat Anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol Anda. Jangan lewatkan juga artikel tentang makanan bayi 6 bulan.
Makanan Penurun Kolesterol | admin | 5

0 comments:

Post a Comment