Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin E

Makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena berbagai fungsinya yang bagus untuk kesehatan kita. Beberapa manfaat vitamin ini adalah menurunkan resiko penyakit jantung, melindungi dari sinar ultraviolet, membantu mengencerkan darah, menurunkan resiko terkena kanker karena vitamin ini mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, membuat awet muda, mencegah penyakit alzheimer, melembabkan kulit, kuku serta rambut dan juga mengurangi resiko penyakit katarak.

Vitamin E ini paling banyak digunakan untuk perawatan kulit. Dan memang sudah terbukti khasiatnya untuk kulit. Kenapa vitamin E digunakan untuk perawatan kulit? Itu karena vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan kulit dengan cara merangsang pertumbuhan kulit sehingga bisa menumbuhkan kulit yang baru. Karena itu banyak produk kecantikan yang memasukkan vitamin ini sebagai bahan kandungannya. 

Vitamin ini juga terkenal sebagai anti kanker karena kandungan antioksidannya sehingga mampu mencegah kerusakan sel akibat adanya radikal bebas. Selain itu dengan kandungan alfa tokoferolnya vitamin ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mencegah penyakit jantung serta stroke.

Vitamin ini bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan yang menjadi sumber dari vitamin E. Berikut ini makanan yang menjadi sumber vitamin E.

 Makanan yang mengandung vitamin E


Almond

Almond adalah salah satu makanan sumber vitamin E terbaik. Di antara jenis kacang, almond merupakan sumber vitamin E tertinggi. Kacang almond bisa dinikmati mentah maupun dalam bentuk mentega (minyak almond) dan susu. Setiap 100 gram almond mengandung setidaknya 26,3 miligram vitamin E. Sebuah penelitian menyebutkan, mengkonsumsi satu genggam almond sama dengan melindungi kesehatan jantung.

Alpukat

Mungkin alpukat merupakan salah satu makanan paling lezat dengan kandungan Vitamin E nya yang tinggi. Hanya setengah dari buah alpukat memiliki lebih dari 2 mg vitamin E. Alpukat sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam diet Anda. Tambahkan alpukat yang sudah diiris ke salad dan sandwich anda.

Bayam

Bayam mungkin bukan makanan favorit Anda, tapi bayam adalah salah satu sayuran hijau terbaik yang dapat Anda tambahkan ke diet Anda. Tidak hanya kaya akan vitamin E, tapi bayam juga kaya akan kalsium alami, tinggi folat, juga banyak mengandung zat besi, jadi sangat baik bila dimakan oleh ibu hamil. Hanya satu cangkir bayam rebus akan menyediakan Anda sekitar 20% dari kebutuhan harian vitamin E Anda. Sayur bayam yang telah dimasak mampu memberikan vitamin E sebanyak 3,5 miligram dalam setiap 100 gram sajiannya. Coba tambahkan bayam segar dalam sandwich Anda untuk membuat mereka menjadi extra sehat.

Biji bunga matahari

Anda bisa menjadikan biji bunga matahari sebagai makanan kecil atau pemanis pada salad dan sup. Pada 100 gram sajiannya, biji bunga matahari mengandung 36,6 miligram vitamin E.

Kacang tanah

Kacang tanah merupakan sumber pangan yang kaya tokoferol, antioksidan vitamin E yang kuat dan mudah larut. Artinya, kacang juga dapat dijadikan pilihan untuk memerangi radikal bebas penyebab kanker. Makanan yang akrab di telinga Anda ini bisa diolah dalam berbagai bentuk masakan. Ternyata kacang tanah memiliki kandungan vitamin E sebesar 6,9 miligram pada setiap 100 gram penyajiannya.

Paprika merah dan bubuk cabai merah

Memiliki aroma pedas seperti cabai, tak berarti paprika memiliki sedikit khasiat. Selain vitamin C, paprika juga memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang kuat. Begitu juga dengan bubuk cabai merah, tak hanya sekadar sebagai penambah rasa. Bubuk cabai merah juga dapat dijadikan solusi untuk asupan vitamin E. Mungkin ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang cinta rasa pedas. Pada setiap sajian paprika atau cabai merah bubuk sebanyak 100 gram, ada sekitar 30 miligram vitamin E yang bisa Anda dapatkan dari paprika dan cabai merah bubuk.

Brokoli

Satu lagi sayuran hijau kaya vitamin E. Brokoli tak hanya baik untuk mencegah kanker, kandungan vitamin A, C, D, dan K membuat sayuran ini menjadi superfood di dunia medis. Brokoli telah dianggap sebagai salah satu makanan detoksifikasi yang terbaik, tetapi juga salah satu makanan sehat tinggi vitamin E. Hanya satu cangkir brokoli kukus akan menyediakan Anda dengan 4% dari kebutuhan harian Anda. Brokoli mungkin tidak padat gizi seperti makanan lainnya dalam daftar ini, tapi sudah pasti salah satu makanan sehat yang Anda bisa makan setiap hari.

Daun kemangi dan oregano

Rempah-rempah penyedap masakan ini pun mengandung 7,38 miligram dalam setiap penyajian 100 gram daun kemangi atau oregano.

Talas

Jangan remehkan tanaman umbi pengganti fungsi kentang yang satu ini, karena talas yang telah dimasak bisa memberikan 2,9 miligram vitamin E pada setiap 100 gram penyajiannya.

Aprikot kering

Selain mengandung 4,3 miligram dalam setiap 100 gram sajian aprikot kering, buah ini juga kaya akan serat dan vitamin lainnya.

Acar zaitun

Sebanyak 100 gram buah zaitun dalam bentuk acar mengandung 3,81 vitamin E.

Kubis

Kubis sangat kaya nutrisi, satu cangkir kubis rebus dapat memberikan Anda hampir 6% dari kebutuhan harian vitamin E anda.

Hazelnut

Sebuah makanan ringan yang sempurna untuk hari kerja yang panjang, makan satu ons hazelnut dapat memberikan Anda dengan sekitar 20% dari kebutuhan harian vitamin E Anda. Untuk alternatif kacang-kacangan, cobalah minum susu hazelnut dalam sarapan pagi Anda, bukan susu atau creamer rasa .

Sawi

Selama ini sawi hanya dijadikan sebagai pelengkap sajian mie. Sayuran hijau berdaun lebar ini juga memiliki kandungan vitamin E yang dibutuhkan tubuh. Baik mentah atau dimasak, sawi tetap memiliki nutrisi baik untuk tubuh.

Itulah macam-macam makanan yang mengandung vitamin E. Anda bisa memilihnya karena rata-rata jenis makanan diatas cukup mudah dicari dan dapat dijadikan makanan rutinitas setiap hari agar kesehatan Anda tetap terjaga. Jangan lewatkan artikel lain tentang makanan pembakar lemak.
Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin E | admin | 5

0 comments:

Post a Comment