Manfaat Dan Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Apakah Anda pernah tahu kunyit? Yang pasti para ibu-ibu yang sering mengetahuinya karena kunyit ini termasuk golongan rempah-rempah, jadi banyak sekali dipakai untuk bumbu masakan. Tahukah Anda ternyata kunyit ini bisa juga digunakan sebagai obat herbal (jamu) dan juga bermanfaat untuk kecantikan.

Kunyit ini banyak sekali dimanfaatkan oleh orang-orang di wilayah Asia terutama Asia Tenggara. Secara umum digunakan sebagai campuran bumbu masakan dan jenis masakan yang sering memakai kunyit sebagai bumbu adalah masakan jenis gulai. Tentunya Anda semua tahu jenis masakan gulai ini. Selain itu kunyit ini juga biasa dipakai untuk pewarna makanan karena dapat membuat makanan berwarna kuning. Ada juga yang memanfaatkan kunyit ini sebagai pengawet.

Saat ini kunyit banyak dipakai oleh banyak produsen farmasi sebagai obat herbal yang gunanya untuk mengatasi peradangan  bahkan efeknya tidak kalah dengan obat paten sehingga dapat dipakai untuk pengobatan penyakit osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Disamping itu harganya juga relatif murah dibanding obat paten tadi.

Tidak hanya itu saja ternyata kunyit menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan kita, apa saja itu, mari kita bahas dibawah ini.

Manfaat dan Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Antioksidan

Selain memiliki aktivitas antiradang seperti diatas, kunyit juga berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin, senyawa fenolik alami pada kunyit, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengobati Kanker

Apabila ada siapapun yang terkena kanker, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi herbal kunyit ini karena manfaatnya yang luar biasa terhadap pertumbuhan kanker. Pada penderita kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah (metastasis) dan jaringannya menjadi tumor. Angiogenesis juga terjadi, yaitu pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutrien, oksigen dan sirkulasi kotoran. Kurkumin mengobati kanker dengan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru (metastasis) tersebut.

Bila dikombinasikan dengan kembang kol, kunyit terbukti dapat mencegah dan menghentikan pertumbuhan kanker prostat. Kunyit juga dapat mencegah munculnya Melanoma (tumor ganas pada kulit ) serta dapat membunuh sel-sel melanoma yang ada di tubuh. Kunyit juga bermanfaat dalam mengurangi risiko leukimia.

Melancarkan haid dan mengurangi nyeri haid

Wanita yang mengalami masalah dengan haid dapat menggunakan kunyit untuk mengatasinya. Efek farmakologis kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa nyeri dan lelah datang bulan.

Antikoagulan Alami

Kunyit dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis. Bagus untuk pengobatan stroke serta jantung koroner.

Mengobati berbagai penyakit

Kunyit dapat menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu serta memperlambat penyakit pikun, dengan sering mengonsumsi kunyit dalam makanan maka kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa manula di Asia yang sering mengkonsumsi kare (curry) yang mengandung kunyit memiliki daya ingatan yang lebih baik daripada manula di benua yang lain. Selain itu karena kunyit juga bisa berperan sebagai antibiotik alami maka sangat berguna dalam mengobati luka atau luka bakar. Selain itu di China kunyit dipakai untuk mengobati depresi.

Pengobatan multiple sklerosis

Penyakit ini sampai sekarang belum ada obatnya dan kunyit dapat memperlambat perkembangan multiple sclerosis (sklerosis ganda, yakni suatu kelainan peradangan pada otak & sumsum tulang belakang) ini.

Pengobatan psoriasis

Ini adalah penyakit autoimun yang belum ada obatnya juga. Kunyit Dapat membantu dalam pengobatan psoriasis (penyakit autoimun yang mengenai kulit) dan kulit yang sedang mengalami peradangan.

Tidak salah bila banyak produsen farmasi menggunakan kunyit ini sebagai bahan bakunya. Ini karena berbagai manfaat serta khasiat yang terdapat didalam kunyit. Semoga bermanfaat.
Manfaat Dan Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan | admin | 5

2 comments:

  1. walau kunyit dampaknya tidak instan terhadap tubuh, kunyit termasuk obat herbal yang tidak memiliki efek samping. makasi atas informasinya, salam kenal

    Cara Mudah Temukan Rumah Dijual / Disewa Disini
    Apartement
    Perumahan Baru

    ReplyDelete
  2. gini nieh info yang bagus, jangan obat obat pbarik aja, sekali-kali gunakan obat herbal, karena efek sampingnya tidak ada beda dengan obat lainnya, thanks gan infonya
    Cincin Kawin Palladium

    ReplyDelete